Disdukcapil Kab.Tasikmalaya Gelar Sosialisasi Pelaksanaan dan Pencatatan sipil Kepada 351 Kepala Desa dan 39 Camat.

Spread the love

Kab. Tasik, jerat86.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya gelar Sosialisasi Pelaksanan Kebijakan dan Penyelengaraan dan Pencatatan Sipil kepada 351 Kepala Desa dan 39 Camat Se-Kabupaten Tasikmalaya. Bertempat di Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya, Selasa (04/08/20).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Kabupaten Tasikmalaya H.Uu Saeful Uyun, S.Sos ketika diwawancarai di sela acara menjelaskan bahwa, Sosialisasi ini dengan regulasi terbaru terutama menyangkut formulir dan kebijakan. Contohnya, dokumen kependudukan yang sudah di tanda tangan elektronik. Jadi, sudah tidak lagi memerlukan lagi legalisir karena sekarang sudah berformat digital tinggal di cek di barkode dan KTP juga tidak harus di legalisir melainkan sudah ada chip jelasnya.

Lanjut H.Uu jadi “Intinya setiap lembaga bahwa layanan masyarakat harus menyediakan mesin pembaca KTP elektronik sebagai bentuk pemerintah mengeluarkan semangat dua digital. Bagi masyarakat yang mempunyai HP Android tinggal daftar melalui Aplikasi WhatsApp dan pendaftaran dari Kecamatan ke Disdukcapil melalui sistem. Oleh karena itu, masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang jangkauan sangat jauh itu bisa mengakses lewat Aplikasi WhatsApp tuturnya.

Ia juga menambahkan Terkait Perekaman kami telah mensosialiasikan melalui media elektronik, media cetak, Banner, Spanduk dan lain-lain. Sebagai upaya pemerintah sangat merespon dan bertanggung jawab terhadap hak konstitusional masyarakat. Dengan begitu, Ketika masyarakat sudah lakukan perekaman akan memiliki KTP Elektronik dan bisa memiliki hak untuk memilih dan Sekarang juga upaya yang lainya. Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya membuka layanan jemput bola baik perekaman, maupun layanan seperti akte kelahiran.

“Kami akan terus lanjuti dengan Pelayanan keliling jemput bola ke Desa-Desa dengan semangat dua digital terus di gelorakan untuk layanan adminduk. Di era digital pelayanan pun sebanding lurus dengan perubahan aplikasi sekarang. Dengan begitu masyarakat akan mudah tandasnya. Jerat86 01

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*