Kepala Perwakilan BKKBN Uung “Peran IPKB Sebagai Mitra Utama BKKBN Dalam Penyebarluasan Informasi Banggakencana.

Spread the love

Bandung, jerat86.com – Menjalin kemitraan dengan Pers atau media masa merupakan salah satu upaya untuk menyebarluaskan  informasi program kependudukan,  keluarga berencana, dan pembangunan keluaraga (Banggakencana), Jumat (21/02/20).

Ketua Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Jabar Dadi Achmad Ruswandi mengaku sangat bangga dan terhormat dapat ajakan kang Uung. Potensi IPKB tersebar di kabupaten/kota se-jabar menjadi kekuatan tersendiri dalam upaya memasyarakatkan program Banggakencana. “Kekuatan IPKB sangat komplet, selain mengembangkan media sendiri  melalui majalah Warta Kencana dan kanal duaanak.com, anggota IPKB juga berasal dari semua platfom media termasuk media baru yang ramah kalangan muda jabar“ katanya.

Lanjut Dadi Kepengurusan IPKB Jabar, baru dilantik 03 Febuari 2020 berasal dari media cetak, televisi, radio dan media online hingga praktisi media sosial. Dengan spreading informasi Banggakencana bisa berlangsung cepat dan multiplatform. “Saya yakin kolaborasi BKKPN –IPKB  akan jadi kekuatan besar dalam menggelorakan program Banggakencana manakala didukung silaturahmi reguler sebagaimana diusulkan kepala perwakilan BKKBN Jabar. Perpaduan antara sumberdaya informasi, kompentensi, jejaring dan suasana kebatinan yang sama akan menjadi energi besar dalam membangun “Jabar lebih ngabret menuju jabar satu,” ungkapnya.

Sementara Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Uung Kusmana mengatakan bahwa, penyebarluasan infomasi tidak hanya melalui konferensi pers saja, akan tetapi bisa dilakukan dalam suasana santai misalnya ngobrol sambil ngopi bareng. “Saya yakin media ujung tombak  penyebarluasan Banggakencana. Namun demikian caranya tidak selalu harus formal (konferensi pers), tapi bisa  ngopi bareng sambil diskusi program Banggakencana dan hasilnya bisa diinformasikan kepada masyarakat melalui Ikatan Penulus Keluarga Berencana (IPKB).” tuturnya.

Lanjut Uung pertemuan dengan media menjadi sangat penting pasalnya  chemistry akan terbentuk manakala ada kontak langsung, ia mengajak IPKB untuk bertemu secara rutin setidaknya sekali dalam sebulan. “Saya belajar dari Pak Haryono saat menjabat kepala BKKBN, beliau sangat dekat dengan wartawan bahkan sampai sekarang  dan juga pak Haroyo merupakan penggagas IPKB serta menyediakan ruang untuk pemberitan KB  (Banggakencana),” ucapnya.

Ia juga berharap untuk mencarpai target progran Banggakencana pola Kolaborasi BKKBN dengan IPKB harus disempurnakan diantaranya berkontrbusi pada penurunan angka kematian ibu (AKI) dan percepatan penurunan stunting  dengan kegiatan promotif preventif dihulu. Disinilai peran IPKB sebagai mitra utama BKKBN dalam penyebarluasan informasi Banggakencana  jadi sangat penting,
“IPKB dan BKKBN akan terus bersinergi tandasnya. Jerat86 01

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*